May 18, 2022

Pembisinis Perlu Tau! Berikut Cara Agar Pelang Tetap Setia

tips untuk pembisnis sukses

tips untuk pembisnis sukses

alah satu tujuan akhir dari semua bisnis yang ada saat ini tentunya adalah mendapatkan pelanggan setia atas produk atau jasa yang kamu jual.

Setiap pelanggan setia yang akan terus menerus membeli produk atau jasa yang dijual dari bisnis kamu inilah yang akan mendatangkan keuntungan besar bagi keberlangsungan sebuah bisnis.

Namun, tentunya memiliki seorang pelanggan setia tidaklah mudah di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat sekarang ini.

Untuk lebih memaksimalkan potensi akan pelanggan kamu, berikut adalah tips agar konsumen saat ini bisa sesegera mungkin berubah menjadi pelanggan setia.

Memperlakukan Setiap Pelanggan dengan Baik

Salah satu tips mendapatkan pelanggan setia adalah dengan memperlakukan setiap pelanggan dengan baik. Setiap orang akan menjadi sangat senang apabila mereka merasa diperhatikan dan dianggap penting bagi kamu.

Jika kamu menjalankan bisnis online, mulailah dengan menanyakan pendapat konsumen akan produk yang dibeli. Hubungi konsumen, baik melalui sosial media ataupun aplikasi chatting yang dapat menghubungkan kamu dengan para konsumen. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan diperhatikan.

Setelah itu, pastikan setiap pendapat yang diberikan oleh konsumen kemudian kamu jadikan bahan perbaikan guna meningkatkan kualitas dari bisnis.

Mengantisipasi Kebutuhan Mereka

Satu hal yang menjadi kunci utama dalam kesuksesan sebuah bisnis adalah di mana barang atau jasa yang dijual haruslah sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Misalnya jika target audiens kamu merupakan profesional muda yang secara tingkat produktifitas sangatlah tinggi, dan kamu merupakan seorang pebisnis yang bergerak di bidang gadget. Maka kamu harus memastikan bahwa gadget yang dijual dapat menunjang kebutuhan produktifitas mereka.

Berikan Hadiah

Semua orang pada dasarnya menyukai hadiah. Untuk itu memiliki pelanggan setia, berikanlah hadiah atau penghargaan untuk setiap konsumen yang telah membeli dari kamu.

Sebagai contoh, apabila bisnis kamu bergerak di bidang gadget, maka kamu dapat memberikan layanan servis gratis bagi setiap konsumen yang telah membeli gadget dari kamu, atau mungkin sekadar aksesoris gratis untuk setiap gadget yang dibeli. Dengan hadiah yang diberikan ini akan memastikan mereka untuk tetap menjadi pelanggan setia bagi kamu.

Kenali Sejarah Mereka

Sebelum kamu menjual suatu produk atau jasa, pastikan kamu telah mengetahui apa yang sudah dimiliki dan menjadi minat dari calon konsumen kamu.

Dengan mengetahui hal ini akan membuat kamu mengerti karakter dari calon konsumen yang sesungguhnya. Kamu harus mengerti karakter dari calon konsumen ini, guna mengembangkan produk atau jasa yang dijual menjadi lebih baik lagi.

Mintalah Feedback

Apakah pelanggan memiliki opini baik atau buruk tentang bisnis kamu, mereka akan membuat perasaan mereka diketahui.

Mintalah umpan balik dari pelanggan untuk menunjukkan bahwa kamu sedang mendengarkan.

Lakukan survei, hubungi pelanggan kamu satu per satu untuk menanyakan pendapat mereka tentang barang atau jasa yang dibelinya.

Umpan balik dari pelanggan akan membantu kamu mengasah kebutuhan spesifik pelanggan sehingga kamu dapat menemukan solusi terbaik untuk masalah mereka.

Semakin baik penawaran kamu dalam memenuhi kebutuhan mereka, semakin besar bisnis kamu dapat berkembang.

Selalu dengarkan baik-baik komentar yang ada dan tanggapi dengan segera, baik tu pujian ataupun keluhan.

Bahkan umpan balik negatif adalah sesuatu yang berharga dan bisa memberi kamu ukuran kepuasan pelanggan yang jujur.

Tunjukkan Apresiasi

Berikan apresiasi terhadap pelanggan lama dengan program loyalitas diskon. kamu dapat membagikan kartu hadiah, atau menggunakan aplikasi program loyalitas untuk melacak pelanggan setia.

Dengan program loyalitas, pelanggan mendapatkan poin untuk membeli barang atau jasa kamu. Setelah mendapatkan sejumlah poin, pelanggan mendapatkan hadiah.

Misalnya, kamu bisa memberi hadiah kepada pelanggan dengan diskon untuk pembelian berikutnya.

Juga berikan barang bermerek murah, seperti pulpen atau notes, atau bahkan barang mahal, seperti kaos, topi atau jaket dengan logo kamu di atasnya.

Ini adalah cara kecil namun efektif untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan sekaligus membuat bisnis kamu tetap selalu diingat.

Kamu harus selalu memastikan untuk melakukan kelima hal di atas untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

Melalui hubungan baik yang terjalin, proses pertumbuhan bisnis pastilah akan berlangsung maksimal, dan seiring dengan pertumbuhan bisnis,

Kamu mungkin akan membutuhkan modal yang lebih besar lagi untuk memperluas pertumbuhan bisnis Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.