May 18, 2022

BBM Naik,Wakil MPR Pikirin Nasib Rakyat

BBM Naik

BBM Naik

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan menyesalkan kebijakan pemerintah yang menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) secara tiba-tiba pada tahun 2022 ini. Menurutnya, kenaikan harga BBM ini berpotensi menambah beban ekonomi masyarakat kecil yang terdampak oleh Pandemi COVID-19.

“Saat ini daya beli masyarakat masih lemah akibat dampak dari pandemi COVID-19. Kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM secara terburu-buru dapat semakin mempersulit masyarakat kecil yang selama ini banyak menggunakan BBM,” ujar Syarief dalam keterangannya,

Politisi Partai Demokrat ini lantas mendesak agar Pemerintah menyiapkan BBM yang bisa diakses oleh masyarakat dengan harga murah. Sebab, dirinya tidak sepakat dengan kebijakan menaikkan harga BBM ini.

“Kebijakan ini tidak pernah dibicarakan sebelumnya dengan DPR RI, padahal kebijakan ini menyangkut hajat hidup orang banyak,” ungkapnya.

Ia menegaskan Partai Demokrat menolak kebijakan menaikkan harga BBM, terlebih kenaikan ini diikuti juga dengan kenaikan tarif tol yang dinilainya akan mempersulit perkembangan usaha kecil menengah.

“Dalam kondisi ekonomi yang serba sulit ini, pemerintah seharusnya fokus menggencarkan program bantuan kepada masyarakat dan usaha kecil, bukan mempersulit mereka dengan menaikkan harga BBM yang diikuti dengan menaikkan tarif Tol,” ungkap Syarief.

Ia menyebut kenaikan tarif tol ruas pasti akan meningkatkan biaya logistik dan pengiriman barang atau distribusi barang. “Akibatnya, usaha kecil menengah yang menggunakan jalan tol untuk pengiriman barang akan terpengaruh dengan kenaikan tarif ini,” jelasnya.

Oleh karena itu, Syarief meminta pemerintah melakukan sosialisasi sebelum mengambil lebijakan. Pemerintah harus memperbaiki komunikasi dengan masyarakat sebelum mengambil kebijakan lewat sosialisasi-sosialisasi.

“Pemerintah juga harus mendengarkan harapan-harapan masyarakat kecil yang tidak ingin diberatkan dengan berbagai kenaikan-kenaikan yang menyangkut kebutuhan hidup mereka,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.