May 18, 2022

Aurel Hermasyah Melahirkan Anak Pertama Secara Caesar, Ini Alasanya

Atta Aurel

Atta Aurel

Kabar bahagia tengah menyelimuti keluarga Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Karena pada hari ini keluarga mereka resmi bertambah satu, dan tepat pada hari ini pula keduanya resmi menjadi orang tua.

Hari selasa (22/2/2022), Aurel Hermansyah, melahirkan anak pertamanya dengan Atta Halilintar di Rumah Sakit Bunda, Jakarta Pusat.

Putri pertama dari Anang Hermansyah ini melahirkan secara caesar karena bibit sang bayi memiliki berat 3 kilogram lebih dan dokter menduga janin tidak akan cukup melewati panggul untuk dilahirkan pervaginam.

“Nggak bisa tepat banget sih kalo sekarang 3,2, belum tentu juga. Tapi dari segi fisiknya, kelihatannya kayaknya 3 kg lebih. Mungkin enggak cukup, nih, antara kepala dan panggulnya,” jelas obgyn Ivan Sini, yang menangani Aurel.

Pada umumnya, bayi lahir dengan berat badan 2,6 hingga 3,8 kilogram. Di atas berat tersebut, bayi dapat dikategorikan sebagai makrosomia.

Berdasarkan laman Parents, ada potensi masalah apabila sang ibu melahirkan secara normal.

Menurut obgyn bersertifikat dari Los Angeles, Michele Hakakha, memiliki janin berukuran besar otomatis ada peningkatan risiko operasi Caesar.

“Ini karena wanita dengan bayi yang lebih besar akan membutuhkan persalinan yang lebih lama dan peningkatan risiko serviks tidak melebar sepenuhnya atau kepala janin tidak turun,” jelasnya.

Selain itu, ada peningkatan risiko trauma atau cedera pada vagina dan organ lainnya, termasuk robekan yang meluas ke rektum (saluran penghubung usus besar dengan anus).

“Risiko lainnya adalah sesuatu yang disebut distosia bahu. Ini terjadi ketika kepala bayi sudah keluarm tetapi bahunya tersangkut di belakang tulang kemaluan sang ibu,” sambungnya.

Ia melanjutkan, “Terakhir, ada peningkatan risiko pendarahan postpartum (pendarahan berlebihan setelah melahirkan).”

Banyaknya risiko di atas tentu membuat seorang wanita mau tidak mau harus melahirkan secara caesar.

Menurut Krisdayanti, kondisi sang cucu dan Aurel baik-baik saja.

“Alhamdulillah satu jam sudah selesai. Alhamdulillah cucu kami, anak Atta dan Aurel lahir dengan selamat,” jelas Krisdayanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.